"PERUMAHAN BERKUALITAS KOTA DEPOK - DEKAT DENGAN PEMDA DEPOK" DAPATKAN RUMAH BERKUALITAS DAMBAAN KELUARGA ANDA. BBN SHM, BPHTB, LISTRIK 1300W, AJB, IMB, POMPA AIR, FASILITAS PERUMAHAN MUSHOLLA, TAMAN BERMAIN, JALAN ROW 9, KEAMANAN 24JAM, CCTV, WIFI, TV KABEL.

Senin, 17 Oktober 2011

TIPS MEMBANGUN RUMAH


lubang angin harus diperhatikan, pertimbangkan penggunaan AC

KOMPAS.com - Mungkin, di rumah Anda terdapat ruang yang tidak sehat karena tak cukup memiliki bukaan. Ini wajar terjadi, karena pengembangan rumah kurang terencana, juga yang akibat keterbatasan lahan. Praktis, di ruang seperti ini, pencahayaan dan pengudaraan tidak mencukupi. Hasilnya, bila tak lekas diperbaiki maka kurang nyaman dan kurang sehat dihuni. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan antara lain:
Memasukkan cahaya alami melalui plafon
Gantilah beberapa keping genting yang terletak tepat di atas ruang tertutup tadi dengan jenis yang transparan. Plafon di bawahnya juga diganti dengan material transparan seperti polikarbonat. Dengan begitu, cahaya matahari dapat menerangi ruang dan menghilangkan kelembapan.
Pemasangan blok-blok kaca
Cara ini dapat dilakukan untuk memberi pencahayaan di ruang ini. Bobok dinding bagian atas yang berhubungan dengan ruang luar dan isi dengan glass block.
Pengudaraan alami
Pengudaraan alami dapat dibantu dengan memasang lubang angin pada bagian atas dinding. Blok berlubang kini sudah banyak tersedia di toko bangunan, yang dapat langsung dipasang di salah satu dinding. Agar aliran udara lebih maksimal, pasang lubang angin di kedua sisi dinding yang berseberangan.
Blok lubang angin
Blok lubang angin juga dapat dipasang di dinding bagian bawah yang berdekatan dengan lantai. Lebih optimal lagi jika di sisi dinding yang berseberangan dipasang blok lubang angin di bagian atas. Ini akan menciptakan pengudaraan menyilang dari bawah ke atas, sehingga aliran udara dapat dirasakan tubuh.

2 komentar:

  1. kalau udaranya kurang tidak apa-apa kan?

    BalasHapus
  2. kalau membangun rumah mesti melakukan pemikiran yang matang

    BalasHapus